Jumat, 03 Agustus 2012

Berburu Takjil : Disiplin Saat Berbuka Di Masjid Al Musyawarah Kelapa Gading


Ada banyak cara untuk menikmati berbuka puasa. Ada yang ke mall buat bukber sama temen-temen, ada yang bersama anak yatim, ada juga yang dirumah bersama keluarga. Nah, sebagai seorang pegawai yang kerjanya dijalan mulu, kadang pas berbuka gw masih dijalan. lantas bagaimana cara berbuka tepat waktu? Well, salah satunya adalah dengan menjadi  pemburu takjil di masjid-masjid.



Yup, pemburu takjil, mungkin itu kata yang tepat buat gw. Soalnya tiap ramadhan gw suka meluangkan waktu gw untuk berbuka di masjid-masjid yang menyediakan takjil berupa makanan berat. Hohoho. Nah, masjid yang baru baru ini gw sambangin adalah masjid Raya Al Musyawarah Kelapa Gading.
Masjid Raya Al Musyawarah ini terletak tepat disebelah Mal Kelapa Gading. Luasnya parkir di Masjid ini menjadikan para pengguna motor yang mau ke Mal Kelapa Gading parkir disini. Well, Mal Kelapa Gading emang gak menyediakan parkiran motor yah kayaknya? Hohoho.

Mmh, gw sampe di Masjid kira-kira jam 17.15 WIB. Disana udah ada yang ngebagiin makanan sambil persiapan buat khotbah sebelum berbuka. Gw sholat dan setelah selesai gw langsung masuk ke barisan jamaah yang dengerin khotbah. Alhamdulillah, khotbah belum mulai.



Pas gw duduk, Alhamdulillah gw langsung dapet makanannya. Makanannya apa? Well, gw dapet yang mewah, nasi padang Sederhana. Mmh, kalo gw perhatiin, ada 3 menu yaitu nasi padang, nasi bungkus dan nasi sterofoam. Apa isinya? Gw gak tahu kecuali makanan gw. Mmh, pas gw duduk, ada anak-anak yang pindah kesebelah gw. Begitu pindah, dia langsung ditegur sama yang bagiin takjil. Disuruh supaya gak pindah-pindah. Mengganggu. Mmh, jujur, gw setuju banget. Hoho.



Di Masjid ini pembagian takjil cenderung sangat tertib. Jemaah disuruh duduk dulu, baru takjil dikasihin satu per satu sama petugasnya. Jadi gak ada tuh yang namanya rebutan atau abis dapet makanan kabur. Dia harus mendengarkan ceramah. Oh iya, kalau mau kabur juga gak bisa, ada satpamnya.



Oh iya, ceramah, ini menarik. Kalau dibeberapa masjid, biasanya mereka mengadakan tadarusan. Kelemahannya adalah buat yang gak tadarus, mereka fokus Cuma buat cari makanan aja. Abis itu cabut. Entah itu makanannya buat siapa. Jadi ide ceramah di masjid ini, gw akuin, cukup jitu guna menjaring jamaah.



Jangan bayangin klo jamaahnya Cuma dikit. Soalnya tiap harinya, masjid ini sanggup untuk melayani 1000 jemaah sekaligus. Keren yah? Salut gw. Nah, rahasia kedisiplinan rupanya agak sadis penerapannya. Selain lokasinya yang agak terpisah dengan ruang sholat, yang dikasih takjil yang diutamakan adalah yang dewasa. Anak2? Belakangan.



Nah Adzan pun berkumandang. Gw buka nasi gw dan isinya adalah nasi kapau pake perkedel dan rending hati. Wow banget yah. Alhamdulillah. Semua makan dengan lahap dan gak rusuh. Sayang, buat anak2 yang disebelah gw, pas adzan langsung cabut. Huft..tapi secara keseluruhan, nuansa kebersamaannya emang jadi kena banget. Abis makan, hampi semua membuang sampah pada tempatnya. Cuma ada 1 yang kaga. Sumpah bĂȘte gw liatnya. Sadar kek, dah dikasih makan gratis, setidaknya BUANG SAMPAH PADA TEMPATNYA!!! Gak bisa apa jalan sedikit aja? BĂȘte gw liatny. Emang ini restoran?



Abis berbuka, tentu saja dilanjutkan dengan sholat magrib bersama dunk. Mmmh, jarak antara adzan dengan sholat Cuma sekitar 10 menit, jadi emang jangan kaget kalo lo liat banyak yang makannya sedikit buru-buru.

Mmh, ya udah, itu aja dulu kali yah. Nanti gw postingan lagi klo lagi ada ide. Have a great Ramadhan yah

14 komentar:

  1. waah kebersamaan banget :D
    jadi yang dateng cuma untuk nyari2 takjil bakal kebingungan tuh mau kaburnya wkwkwk
    nice post ! kunjungan perdana &salam kenal

    BalasHapus
    Balasan
    1. banget.. pada terpaksa nunggu smp khotbah kelar

      Hapus
  2. Wiiiiih disiplin banget masjidnya. Patut ditiru masjid-masjid lain nih.
    Kok, anak kecil yang pindah-pindah dan kabur abis azan ga ga ada fotonya? :p

    BalasHapus
  3. suka gue dengan cara yang di kerjakan si takmir biar nggak pindah harus diberitahu jamaa'hnya betul banget nih

    BalasHapus
  4. haha...aku juga tiap sore ikut takjilan bareng anak-anak kecil...bodo deh dikatain apa.. #akucintagratisan

    BalasHapus
  5. aku ga tau sih kalo pembagian takjil di masjid itu emang suka rebutan ya ? but itu mesjidnya disiplin yah.. good job banget..

    BalasHapus
  6. ruame banget.

    ntu setiap hari?
    bisa miskin tuh yang ngurus masjid.
    hahaha.

    kalau di tempat q sepi, nggak seramai ntu

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyah, taip hari.. mereka biasanya dapet sumbangan. alhamdulillah banyak yang sumbang

      Hapus
  7. Jadi setiap buka puasa kayak safari ramadhan dong ya...

    BalasHapus