Rabu, 11 Juli 2012

Kenali Mobilmu Sebelum Mengendarainya


Sebagai seorang wartawan mobil, seharusnya lo tahu, segala seluk beluk mobil. Gak detail, tapi secara umum, juga secara sederhana. Mulai dari penampilannya, alirannya, modelnya, jenis mesinnya dan lain-lain. Hal ini juga berlaku untuk mengemudikannya. Yups, adalah sebuah nilai tambah kalau lo bisa mengemudi mobil. Meski gak terlalu jago, tapi inilah nilai tambah yang gw miliki.

Karena kelebihan itu pulalah gw juga sering jadi sopir. nah kali ini, gw mengemudi mobil Avanza Veloz yang dipinjem ke ATPM. Avanza Veloz adalah varian tertinggi dari All New Avanza. Jenisnya, tentu saja matic, jenis mobil yang gak terlalu gw kuasain. Well, gw lebih jago manual. Tapi karena kantor gw mau bikin acara, terpaksalah gw yang turun.



Gw konvoi sama kedua bos gw yang bawa Kia Sportage dan Honda Jazz RS. Gw mimpin didepan bersama Cindy dan Duma. Pas masuk mobil, gw ngepasin tenpat duduk dan kaki kiri gw reflex ke posisi tuas kopling harusnya berada.

“eh, lho? Mana koplingnya?” Tanya gw bingung.
“kan matic Adiii” ujar cindy ngingetin
“oh iya” nyengir kuda

Perseneling gw masukin ke D dengan melihat. Iyah, dengan melihat, bukan dengan hapalan yang biasa gw lakukan klo dengan mobil manual. Gw gak apal persnelingnya. Rem tangan gw lepas, rem kaki juga gw lepas. Kaki kanan belom nyentuh tuas gas, eh mobil dah nyentak maju. Kampret. Kagetlah gw. Tapi perjalanan baru dimulai.

Ditengah perjalanan gw mulai dapet somasi dari penumpang
“gw takut Di, klo lo yang nyetir. Sumpah ini deg-degan gw” ucap Cindy
“kenapa takutnya? Mending manual yah?” Tanya gw.
“iya. Kalo manual mah gw malah tidur. Ini lo keliatan banget tegangnya. Posisinya keliatan gak nyaman” jawab dia
Duma pun nimpalin “Iya, lo ngegasnya juga gak enak. Tahu ngeeeng aja” ujar dia.

Haha, sial. Lagian siapa suruh ikut gw? :p

Tapi rupanya kebodohan tidak berhenti disitu kawan. Pas sampai lokasi yaitu Ritz Carlton Kuningan, gw harus melalu penjagaan yang cukup ketat. Apa aja? Yaitu lo harus buka pintu lo dan kap mobilnya. Inilah 
yang menjadi bencana.

Satpam : malam pak, bisa buka dulu pintunya?
Gw : oh bisa pak
Gw reflex liat dimana tungkai kunci berada. Diem. Kok mulus yah? Kok gak ada kuncinya? Panik. “Woy, koncinya dimane?”
“Itu disitu” Cindy nunjuk-nunjuk pintu
“mana?” Tanya gw sambil ngelus ngelus pintu dan pantat
“itu dibukaan pintu”
“mana?” makin bego. Gw pun ngelus2 lembut bukaan pintu. Dan ternyata, ADA!! Kampret. Warnanya sewarna, jadi nyaru banget warnanya. Hhmmm… pantes aja gw gak liat (bela diri). Pas pintu dibuka,satpam periksa dan minta gw buka kap mesin. Gw pun kelimpungan. GW GAK TAU DIMANA TUASNYAAAA!!!! Muka si satpam kayaknya dah pengen bunuh gw. Dia pun nunjuk tuas di bawah setir dan nyuruh gw tarik. Rrr…. So stupid lah.

Sebenarnya dulu gw juga pernah mendapatkan pengalaman serupa dengan mobil Peugeot RCZ. Tapi itu masih wajarlah yah, kan mobil sport. Jarang pula di jalan. Lha ini, udah mobil sejuta umat, masa gw gak bisa juga? Ck.. so stupidlah. Ya lain kali buat yang mau nyetir, pastiin ya lo kenal sama mobilnya. Jangan kayak gw… hoho… that all. Have a great day guys

5 komentar:

  1. haha waw :D
    sayangnya ane masih takut bawa mobil -_- bukan takut bawanya tapi takut kegores tar ane dibantai babeh lagi >,<

    BalasHapus
  2. ahaha aduhh pasti tuh satpam jengkel ya haha, gue sih udh ngenalin mobil gue banget tapi sayangnya belom punya SIM -__-

    BalasHapus
  3. kasihan nih yang nggak punya mobil g mna mau latihan dan mengenal mobilnya sendiri

    BalasHapus
  4. Betul.....biar ga ada sesuatu hal yg tidak diinginkan terjadi, dan ga cuma buat mobil aja tentunya kita harus mengenalinya terlebih dahulu...buat yg lain juga harus terlebih dahulu mengenali.he

    BalasHapus
  5. ngakak.. untung ga nabrak

    BalasHapus